^^

I am....

Foto saya
Yogyakarta, DIY, Indonesia
I live Journalistic, I speak Music, I write Paintings, I breath Words. Find me on Instagram as tamikira ! :)
Diberdayakan oleh Blogger.

I love my dad

I love my dad

I love my Mom

I love my Mom



Kamis, 21 Maret 2013

Lagu Lama


Oleh Maria Meidiatami Kira

Kalau orang tanya “mengapa”, aku jawab “karena”.
Kalau orang tanya “kapan”, aku jawab “ya nantilah”.
Kalau orang tanya “siapa”, aku jawab………..

***

Ngeeek. Krek. Krek. Krek.

Jaket merah tergantung di pojok kamar. Meja belajar ramai: spidol mejikuhibiniu, buku gambar A3, pensil warna, papan tulis mini, beberapa buku catatan, jam weker putih, laptop, HP.


Resah rintik hujan
Yang tak henti menemani
Sunyinya malam ini
Sejak dirimu jauh dari pelukan
Selamat jalan kekasih
Kejarlah cita-cita
Jangan kau ragu tuk melangkah
Demi masa depan
Dan segala kemungkinan

            Bisikan lagu lama yang dinyanyikan almarhum Chrisye simpang siur melewati pikiran yang tidak ingin diingat.

Ah. Rasanya udah gak sama. Biasa aja.

            Bisikan lagu lama mengantarkan impian yang hanya jadi cerita. Banyak hal yang bisa diingat: cita-cita, masa depan, dan kemungkinan. Ya. Hanya bisa diingat.

Suatu hari nanti
Kita kan bersama lagi
Bersama lagi
Kita berdua

Bisikan lagu lama yang maknanya kini berbeda. Tidak akan ada kesempatan kedua. Aku. Kamu. Kita. Kamu. Kamu. Kamu. Aku. Sendirian. Tidak ada “berdua”.
Ketika ke”aku”an menjadi biasa, muncul  “kamu”, yang bisa menghapuskan jejak lama. Bukan pelarian. Bukan obat lupa.

Dunia yang aneh atau memang ini bukan jalan kita. Susah, loh, bergerak maju dari keadaan yang bahkan mengingat ceritanya lagi sudah lelah. Ketika pikiran terbuka dan bisikan lagu lama mulai terdengar indah lagi, “kamu” pergi entah ke mana. Entah. Berubah.

            Bisikan lagu lama yang tidak jelas lagi maknanya. Hilang.

Krik. Krik. Krik. Krik. Ngeeeeek.

            Tas kamera di lantai. Televisi tidak menyala. Pendingin ruangan berdesis hampa. Buku-buku di rak kayu berjajar. Lagu lama, tak lagi ingin didengar.

***

Kalau aku tanya “mengapa”, jawablah “rahasia”.
Kalau aku tanya “kapan”, jawablah “segera”.
Kalau aku tanya “siapa”, jawablah………..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar